Memahami Teknik Gitar Economic Picking

Salam guitar lover,, bagi anda para maniak Guitar,,  mendengarkan  istilah picking, saya yakin anda sudah tahu apa itu yang namanya dengan Picking, seperti yang kita ketahui, di dalam dunia gitar, kita mengenal beberapa jenis picking yang bisa kita pakai, dan umumnya yang paling sering digunakan adalah  Alternate Picking dan Economy Picking.  Namun untuk kali ini, kita  akan mencoba untuk fokus membahas mengenai Apa Sih itu Economic Picking? dan yang paling penting lagi bagaimana anda menerapkannya pada saat anda meminkan Gitar.

Jika anda bertanya apa itu Economic Picking, dan mengapa sehingga jenis picking ini di katakan sebagai Economic Picking? maka Sebaiknya sahabat membacanya lebih sekasama lagi.  Pada dasarnya Teknik picking  ini Bisa kita artikan sebagai Memetik senar dengan mengambil jarak terdekatnya yaitu  dengan cara melakukan sweeping pada saat kita beralih atau berpindah ke senar yang berikutnya apakah itu Up Sweep atau Down Sweep. Untuk lebih jelasnya silahkan sobat perhatikan pola petikan Di bawah Ini


Keterangan
D= Petik Kebawah (Down)
U= Petik Ke atas (Up)


Pola Economic Picking


      Ascending
    D-U-D   D-U-D   D-U-D   D-U-D  D-U-D 


      Descending
    U-D-U   U-D-U   U-D-U   U-D-U   U-D-U   

Seperti itu lah yang di maksud dengan Economic Picking,, dengan melihat pola diatas, di situ kita melihat bahwa untuk menerapkannya kita hanya perlu mengulang – Ulang Pola Petikan Down – Up – Down saat Ascending maupun sebaliknya Up – Down – Up di saat Descending, lalu di saat kita beralih ke senar yang lain maka seketika  itulah kita melakukan sweeping,, misalnya anda Memainkan Mayor Scale, anda cukup menerapkan Pola di atas seperti ini

Ascending
Senar  5 : D-U-D 
Senar  4 : D-U-D 
Senar  3 : D-U-D 
Senar  2 : D-U-D 
Senar  1 : D-U-D 



Descending
Senar  1 : U-D-U
Senar  2 : U-D-U
Senar  3 : U-D-U
Senar  4 : U-D-U
Senar  5 : U-D-U
Sudah Paham Bukan,, Nah !! itu jelas sangat berbeda saat anda menggunakan Teknik Alternate Picking, yang mana teknik picking tersebut menggunakan pola Naik dan Turun secara Beraturan dan tidak ada aturan bahwa kita diharuskan untuk melakukan Sweeping di saat ada peralihan kesenar berikutnya. Kita hanya perlu mengatur pola Up dan Down saja meskipun itu anda beralih ke senar-senar yang lainnya.

Pertanyaan selanjutnya, Mengapa Itu Dikatakan Economic Picking??,, Coba anda perhatikan dan bandingkan antara Alternate Picking dan Economic Picking, Nah!!, di saat anda Memainkan Tangga Nada Mayor, cobalah anda menggunakan Economic Picking,,  Kemudian mulailah anda Menghitung berapa kali tangan anda bergerak naik dan turun? Jika kita hitung dengan seksama,, jumlahnya jauh lebih sedikit dengan jumlah nada yang ditekan ,, berbeda saat anda menggunakan Alternate Picking pola pergerakan Up dan Down,, itu jumlahnya sama dengan nada yang anda mainkan saat anda bermain melodi.. itulah mengapa Teknik ini dikatakan sebagai Economic Picking,, jadi saya rasa sampai disini sahabat sudah bisa memahami letak perbedaan mendasar dari Teknik Picking yang satu ini, dengan teknik Picking yang lainnya.

Selain itu, ada satu point yang perlu sahabat ketahui mengenai Teknik Gitar Economic Picking, yaitu penggunaannya hanya bisa kita terapkan saat kita memainkan nada yang ganjil waktu bermain melodi dan sebagainya, misalnya 3 Not Persenar, jadi anda jangan merasa heran jika pola Economic Picking tersebut di atas tidak bisa kita terapkan saat anda bermain nada –nada yang genap Per string, misalnya 2 Not Persenar dan 4 not Per senar,, mengapa?? Sebagai contoh anda memainkan Pentatonic Scale, di Scale tersebut kita tahu,, bahwa kita hanya menekan 2 nada di setiap senarnya,, maka anda tidak bisa menerapkan teknik Tersebut,, Hal ini disebabkan karena pola petikan yang genap sangatlah jelas, endingnya atau akhir petikan sebelum beralih ke senar lain, itu selalu berlawanan dengan arah Sweeping.


Banyak yang mengatakan bahwa teknik ini tergolong rumit untuk di terapkan,  tapi menurut saya pribadi itu kurang  benar, kecuali jika memang anda ingin menguasainya dengan sekejap mata,, kalau seperti itu, yang rumit itu bukan pickingnya, melainkan anda sendiri ..

Subscribe to receive free email updates: