Menguasai Teknik Gitar Palm Mute

Salah  satu penunjang atau factor utama keberhasilan kita dalam bermain gitar baik itu Gitar Akustik maupun Gitar Listrik adalah kita harus menguasai beragam jenis Guitar Technik dan salah satu nya adalah teknik palm mute ini. Apa itu Palm Mute?? Mungkin sebagian besar dari anda masih memiliki pertanyaan yang demikian,, Teknik Palm Mute sebenarnya berasal dari bahasa inggris yang jika kita artikan adalah Palm = Telapak dan Mute = diam,tapi bukan berarti telapak yang diam,,, haha Aneh Memang,, di dalam dunia Guitar, Teknik Gitar Palm Mute ini bisa kita definisikan sebagai Teknik dimana kita Meredam  getaran yang dihasilkan oleh senar senar dengan menggunakan sisi telapak tangan kanan, kecuali jika anda pemain kidal.

Pada dasarnya Teknik ini banyak digunakan oleh gitaris-gitaris yang beraliran  keras seperti Metal, Progresive  dan lain-lain,,  karena mampu membawa karakteristik sound tersendiri yaitu cenderung lebih Heavy atau terdengar lebih berat sehingga suara guitar lebih garang dibanding jika kita memetik saja tanpa, apalagi saat memainkan power chord, itu jauh lebih mantap. tapi bukan itu saja,  teknik ini juga  mempunyai fungsi utama yang jauh lebih penting yaitu untuk meredam suara – suara yang tidak kita perlukan sehingga dapat  membersihkan permainan gitar kita, karena  bukan suatu rahasia lagi bahwa,, letak kesulitan saat kita memainkan gitar listrik adalah menghilangkan suara – suara seperti itu yang bisa membuat permainan menjadi kotor, dan berantakan.

Guitar Technik
Teknik Palm Mute


Langkah-langkahnya sebenarnya sangatlah praktis dan tidak terlalu membingungkan, ditulisan ini ada dua jenis yang bisa kita terapkan untuk menggunakan   teknik palm mute  antara lain yaitu di saat kita memainkan Power Chord dan disaat Kita Memainkan Melodi, secara spesifik kedua –duanya mempunyai cara atau penerapan yang berbeda-beda.
  1. Power Chord
    Untuk menerapkan teknik Palm Mute saat memainkan Power Chord cukup simple yaitu kita hanya perlu sedikit menyentuh senar pada bagian bridge dengan sisi depan telapak tangan sehingga ada suara yang sedikit nge duff, tapi yang perlu  sahabat ingat pada saat anda melakukan teknik ini, menyentuh senar gitarnya janganlah terlalu jauh kedalam, yang penting ada sedikit sentuhan pada senar.
  2. Melodi
    Menerapkan teknik Palm Mute di saat memainkan Melodi, itu memiliki perbedaan dan letak perbedaan tersebut ada di saat memetik senar,dimana saat anda memainkan melodi kita tidak boleh menyentuh sedikit pun senar, Kecuali jika senar tersebut telah kita petik dan kemudian beralih kesenar yang lainnya. Sebagai contoh. Anda bermain melodi pada senar ke 6 , lalu anda Beralih ke senar ke 5, atau yang lain, Nah!!! Di saat peralihan senar itulah anda harus menyentuh senar ke 6 tadi, atau dengan kata lain anda menyentuh senar sesudah anda memetik senar tersebut. Itu jelas sangatlah berbeda saat anda memainkan Power Chord, karena pada power Chord, kita di tuntut untuk terus menempelkan tangan, sambil memetik senar.
Saya rasa sahabat sudah cukup paham dengan kedua penjelasan tadi di atas memang   Jika kita lihat mungkin terdengar sangat mudah, tapi jangan salah, untuk menerapkan teknik ini tidaklah semudah itu, dibutuhkan ketepatan dan harus selaras dengan tangan kanan dan tangan kiri dalam hal ini adalah yang memetik dan yang menekan senar. apalagi pada point yang kedua tadi.

Tidak ada yang mudah dan tidak ada juga yang sulit jika anda masih mau belajar  dan  terus belajar . Jujur saja, saya pribadi untuk menguasai teknik ini membutuhkan waktu yang tidak sedikit, khususnya pada bagian yang nomor dua, dan cukup menyita waktu sekitar setahun lebih bahkan hampir sampai dua tahun baru bisa menguasainya, tapi saya yakin anda pasti bisa jauh lebih cepat. Intinya jangan di paksakan Yang penting anda masih tetap bersabar dan tetap untuk tekun melatihnya, untuk itu cukup sekian tetap semangat dan akhir kata salam Guitar Lover…

Subscribe to receive free email updates: