Permainan Gitar Anda Kotor? Baca Di Sini

Salah satu aspek yang sangat mendasar  atau yang manjadi tolak ukur keberhasilan kita memainkan gitar adalah saat kita mampu memainkan gitar tersebut dengan bersih, apalagi saat anda memainkan suatu melodi, mungkin  itu sangatlah mudah jika kita terapkan dalam tempo yang relatif lambat lambat,  namun  yang menjadi pokok permasalahan adalah saat kita bermain dengan melodi cepat, memang sih,, tidak ada  aturan yang baku bahwa seorang gitaris itu harus bisa bermain cepat seperti itu, namun Speed atau kecepatan juga bisa menambah penilaian seseorang terhadap gitaris tersebut, dan itu tentunya jika anda sudah bisa atau sudah mampu memainkannya secara maksimal.

 maksimal yang saya maksud disini adalah sudah bisa memenuhi kriteria, dalam hal ini adalah bermain dengan bersih dan tidak ada lagi not yang tertinggal,  karena salah satu hal yang rumit saat anda bermain dengan tempo yang cepat seperti itu, terkadang masih ada nada atau not yang tertinggal , atau bahkan lebih dari not yang kita tekan, Kurang lebih seperti itu bukan?.

Sebenarnya masalah tersebut, hanya disebabkan oleh dua factor, yaitu Picking dan  Teknik Muting. Ketiga Aspek tersebut sangat besar pengaruhnya terhadap bersih atau tidaknya permainan sahabat nantinya, jadi jika anda memang memiliki kendala seperti itu, sebaiknya anda memahami ini. karena menurut saya, banyak sekali sahabat-sahabat kita diluar sana yang sangat kurang memperhatikan hal kecil seperti ini.
Seperti yang saya jelaskan tadi di atas, bahwa ada tiga factor yang sangat besar pengaruhnya terhadap bersih atau tidaknya permainan gitar sahabat, yaitu Picking, dan Muting. Jadi sebaiknya kamu sedikit lebih fokus untuk memperbaiki keduateknik tersebut.

Picking

Saya yakin kamu sudah tahu yang satu ini, Picking atau memetik senar umumnya yang paling banyak di gunakan  terbagi atas dua jenis, yaitu  Alternate Picking dan  Ekonomi Picking, kedua jenis picking tersebut bisa kita terapkan saat kita memainkan sebuah gitar, sebenarnya tidak ada masalah kamu mau memilih yang mana, semuanya sama dan mempunyai tujuan yang sama.

Namun yang menjadi kendala yang sebenarnya adalah bagaimana kamu menerapkan picking tersebut saat sedang memainkan gitar. picking jelas sangat mempengaruhi pola permainan gitar kamu, apalagi jika kita lihat dari segi kebersihannya. Dalam hal ini yang saya maksud adalah Pick Control, picking yang terbaik adalah Picking yang mampu menyelaraskan antara senar yang ditekan dengan senar yang di petik,  tidak kurang dan tidak lebih, olehnya itu, jika kamu memetik senar, lantas ada yang kurang ataupun sebalinya, itu berarti Pick Control kamu masih lemah, sebaiknya kamu coba mengatur ulang dan memperhatikan dimana letak kekurangan dari picking kamu, saya sarankan untuk mencobanya dengan lambat lagi.

Teknik Muting

selain masalah Picking, ada satu teknik yang menurut saya cukup besar pengaruhnya terhadap bersih atau tidaknya permainan gitar kita, dalam hal ini adalah teknik muting atau teknik meredam getaran senar setelah di petik.  Sejauh ini yang saya ketahui, teknik muting bisa kita bagi lagi menjadi dua kategori yaitu Pick Mute dan Palm Mute. Teknik Pick Mute adalah Meredam Suara senar dengan menggunakan Pick dan  biasanya kita gunakan di saat-saat tertentu, umumnya teknik ini sering kita gunakan untuk menambah warna pada melodi-melodi saja , contohnya paul gilbert sering menggunakan teknik ini, Nah!!  yang mempunyai peranan terpenting di sini adalah Palm Mute, atau meredam senar dengan mengandalkan sisi telapak tangan, pada dasarnya untuk menerapkannya sangatlah simple, Kuncinya bagaimana cara kamu meredam getaran senar menggunakan sisi telapak tangan (Kanan) sesaat setelah senar tersebut dipetik,  sebenarnya cara ini sudah saya ulas di pertemuan sebelumnya, jika kamu mau lebih jelas lagi kamu bisa membacanya di Belajar Teknik Palm Mute

Jika kamu telah menguasai kedua teknik di atas maka saya jamin,, tidak ada lagi suara kotor saat kamu memainkan gitar mu.  kerja keras, konsisten dan mampu bersabar adalah salah suatu kriteria yang harus dipenuhi untuk menjadi seorang gitaris yang handal, namun yang menjadi kendala adalah mampukah saya  memenuhi itu semua? dan Tentunya jawaban  tersebut, ada pada kamu sendiri brow.  Sekian !! salam Guitar Lover!!

Subscribe to receive free email updates: